Kitab Ta'lim al- Lughah | Zona Berbagi
Headlines News :
Home » » Kitab Ta'lim al- Lughah

Kitab Ta'lim al- Lughah

Written By MAS IRTIQAIYAH BANJARMASIN on Thursday, May 1, 2014 | 1:50 AM




للفصل الثاني
الفصل : 2
المدرسة المتوسّطة
الدّرس الثّالث
انشطتي فى البيت
 






الحاجّ فخري علي
1101231366
 



KATA PENGANTAR
المقدّمة
                                   
                Segala puji Allah yang senantiasa melimpahkan rahmat-Nya sehingga buku ini selesai tersusun. Penulis menyajikan buku bahasa Arab ini dengan maksud menunaikan tugas final test kajian materi bahasa Arab dan untuk mempermudah para siswa madrasah Tsanawiyah dalam mempelajari bahasa Arab.
            Sesuai dengan standar isi yang ditetapkan pemerintah, pelajaran bahasa Arab terdiri dari empat komponen pembelajaran bahasa pada umumnya, yaitu menyimak ( mendengarkan), berbicara, membaca, dan menulis. Komponen bahasa tersebut dirangkaikan dalam satu tema sehingga mampu memberikan pengalaman yang bermakna bagi para siswa/siswi. Komponen tersebut disajikan dalam subbab berikut ini :
            Mufradat (المفردات ) atau kosakata, berisi daftar kata-kata yang dipergunakan         dalam bab tersebut. Siswa diharapkan mampu menghafal kata-kata tersebut sehingga ia dapat memahami materi yang disajikan dengan baik. Untuk mencapai tujuan tersebut, siswa dapat mengerjakan latihan yang disajikan.
            Istima’ (الإستماع  ) atau mendengarkan, berisi cerita atau percakapan yang akan dibacakan oleh guru atau siswa lain. Dalam materi ini, siswa dituntut untuk mampu mendengarkan bacaan tersebut serta mampu mengungkapkannya kembali.
            Muhadatsah ( المحادثة  ) atau percakapan, berisi teks percakapan yang dipraktikkan oleh siswa. Dengan demikian, siswa akan melakukan praktik penggunaan bahasa Arab secara langsung.

            Qira’ah ( القراءة ) atau membaca, berisi teks bacaan yang dibaca oleh siswa. Dalam ,membaca teks ini, guru berperan sebagai pembimbing yang mengarahkan pemahaman siswa. Sebagai evaluasi terhadap pemahaman siswa, pada materi ini disajikan beberapa latihan.
            Kitabah ( الكتابة  ) atau menulis, berisi beberapa latihan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam bahasa Arab. Tugas menerjemahkan juga disajikan dalam subbab ini.
            Guru dapat menyampaikan materi pelajaran dalam buku ini dengan berbagai cara. Contohnya adalah tanya jawab, peragaan, dan praktik. Penulis berharap, materi pelajaran dalam buku ini dapat membuat pembelajaran lebih efektif dan efisien sehingga membawa hasil sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penulis menyadari bahwa buku ini masih jauh dari kesempurnaan, maklum manusia yang membuat tidak memiliki sifat kesempurnaan, hanya Allah Swt lah yang memiliki sifat kamaliah ( kesempurnaan) . Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan saran dan kritik konstruktif dari pembaca. Semoga Allah Swt memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua . امين يا ربّ العالمين


Banjarmasin, Desember 2013


Penulis




ارشاد الاستعمال للمعلّم
                Berikut ini dikemukakan beberapa hal yang berhubungan dengan teknik pembelajaran yang perlu dikembangkan para guru untuk menyukseskan pengajaran bahasa Arab di madrasah Tsanawiyah.
            Sebelum mengajarkan suatu pokok bahasan, guru harus memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Setelah itu, guru dapat menempuh langkah-langkah yang akan diuraikan berikut ini.
1.Mufradat (المفردات )
            Kegiatan pokok dalam mufradat adalah menghafalkan kosakata yang disediakan. Penguasaan siswa terhadap kosakata yang disajikan sangat menentukan keberhasilan siswa dalam menguasai materi pelajaran secara keseluruhan. Langkah-langkah yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut .
a.       Guru mengucapkan mufradat satu per satu dengan lafal dan intonasi yang benar sebagai contoh bagi siswa. Dengan demikian, siswa tidak melakukan kesalahan dalam pengucapan. Kesalahan harus sebisa mungkin dihindari sebab pengucapan huruf yang salah akan mengubah arti suatu kata.
b.      Untuk memperjelas makna kata yang bersangkutan, guru dapat menggunakan model, sampel, gambar, atau peragaan.
c.       Kegiatan menghafal dapat dilakukan siswa, baik di sekolah maupun di rumah. Cara menghafal yang dapat ditempuh adalah dengan mengulang-ulang mulai dari nomor pertama. Kemudian diteruskan pada nomor dua dan seterusnya. Setelah dirasa hafal, buku ditutup dan cobalah mengulang tanpa membuka buku.
2. Istima’ (الإستماع  )
            Kegiatan pokok dalam istima’ adalah mendengarkan guru atau siswa lain yang membacakan teks cerita atau percakapan. Dengan melakukan kegiatan ini, diharapkan siswa mampu memahami kalimat-kalimat bahasa Arab yang diucapkan oleh orang lain. Pemahaman ini sangat mutlak diperlukan dalam komunikasi verbal. Langkah-langkah yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut :
a.       Guru membaca cerita atau percakapan yang disajikan dalam istima’. Bacaan guru ini menjadi contoh bagi siswa.
b.      Guru meminta salah satu siswa untuk membaca cerita atau percakapan dalam istima’ di depan kelas.
c.       Guru meminta siswa lain yang mendengarkan pembacaan tersebut untuk mengungkapkan intisari yang didengarkannya secara lisan. Disini, guru dapat memadu siswa untuk melakukan diskusi.
3.Tarkib ( التركيب )
            Kegiatan pokok dalam tarkib adalah mengetahui struktur kalimat yang telah diprogramkan oleh guru sesuai dengan SK/KD. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami struktur kalimat dalam bahasa Arab. Langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam materi tarkib adalah :
a.       Guru menjelaskan materi tarkib, sementara itu siswa memperhatikannya.
b.      Setelah guru menjelaskan materi tarkib tersebut siswa dapat memhami I’rab yang mana termasuk dalam materi tarkib yang telah diprogramkan oleh guru.
c.       Siswa diminta mampu mencontohkan ( tarkib yang telah diprogramkan tadi ).
d.      Kemudian guru memberikan latihan-latihan untuk membuat struktur kalimat yang telah diprogramkan.
4. Muhadatsah ( المحادثة  )
            Kegiatan pokok dalam muhadatsah adalah percakapan antara guru dan siswa atau siswa dan siswa lainnya. Dengan melakukan kegiatan ini, diharapkan siswa mampu melakukan percakapan dalam bahasa Arab. Diharapkan, siswa juga mampu menerapkan intonasi dan bahasa tubuh yang sesuai dalam percakapan tersebut. Langkah-langkah yang dapat ditempuh adalah :
a.       Guru menjelaskan secara singkat jalan cerita muhadatsah yang akan dipelajari. Penjelasan tersebut dapat diberikan dalam bahasa Arab, jika perlu dalam bahasa Indonesia.
b.      Guru mengucapkan materi muhadatsah kalimat per-kalimat. Sementara itu, siswa mendengarkannya dengan penuh perhatian. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kepada siswa tentang muhadatsah tersebut secara umum. Siswa akan dapat memahaminya dengan baik jika ia telah menguasai kosakata yang diberikan sebelumnya pada bab yang bersangkutan.
c.       Guru mengucapkan materi muhadatsah kalimat per-kalimat dan segera ditirukan siswa. Kemudian guru mengulangi kegiatan tersebut dan ditirukan oleh siswa secara berkelompok. Kemudian, siswa mempraktikkannya secara perorangan sesuai dengan waktu yang tersedia.
d.      Guru menjelaskan makna materi muhadatsah dengan tanya jawab, isyarat, atau peragaan sebagaimana yang digunakan ketika menjelaskan makna mufradat baru. Sedapat mungkin, langkah ini menggunakan bahasa Arab.
e.       Siswa melakukan muhadatsah secara berpasangan di depan kelas dengan bimbingan guru.
f.       Dengan demikian salah satu metode mengajarkan muhadatsah. Guru dapat menggunakan model lain yang sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah setempat.
5. Qira’ah ( القراءة )
            Kegiatan pokok dalam qira’ah adalah siswa membaca bacaan yang disediakan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks-teks bahasa Arab, baik yang menggunakan harakat maupun tidak. Adapun langkah-langkah yang dapat ditempuh adalah :
a.       Guru menggunakan materi qira’ah. Sementara itu, para siswa mendengarkannya dengan penuh perhatian.
b.      Seluruh siswa menirukan bacaan guru kalimat per-kalimat
c.       Guru meminta para siswa untuk membaca beberapa bagian atau keseluruhan materi qira’ah secara bergiliran sesuai dengan waktu yang tersedia. Kesalahan bacaan seorang siswa dapat dibetulkan oleh temannya atau guru yang bersangkutan. Walaupun demikian, pembetulan hendaknya tidak memotong bacaan siswa tersebut di tengah suatu kalimat.
d.      Para siswa diminta menjawab pertanyaan yang bersangkutan dengan kandungan qira’ah.
e.       Dalam kelas yang sebagian siswanya belum mampu membaca kalimat Arab dengan lancer, kegiatan membaca sebaiknya dilakukan di papan tulis dengan tangkai petunjuk.
Sebagian kata dan kalimat dalam buku ini ditulis menggunakan harakat. Penulisan tersebut disesuaikan dengan posisi I’rab dari kata-kata tersebut. Walaupun demikian, dalam percakapan bahasa Arab sehari-hari, akhir kalimat biasa dibaca waqaf atau mati.
Oleh karena itu, dalam kegiatan membaca atau berbicara, siswa sebaiknya dibiasakan membaca waqaf.
6. Kitabah ( الكتابة  )
            Kegiatan kitabah dimulai dengan menyalin kalimat-kalimat yang ada didalam buku, Hal itu bisa dilakukan dengan cara guru menulis kalimat-kalimat tersebut. Kemudian, siswa menuliskannya di atas kertas kosong atau buku tulis masing-masing. Apabila menjumpai kesalahan, guru dapat langsung membetulkannya.
            Setelah mampu menuliskan kalimat-kalimat Arab dengan benar, siswa diminta membuat kalimat yang sempurna dari kata-kata yang telah disediakan. Setela itu, siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan sebagai cara untuk mengetahui tingkat pemahaman terhadap materi yang telah diberikan.
            Materi selanjutnya dalam kitabah adala tarjamah. Dalam materi ini, siswa diminta menerjemahkan kalimat-kalimat dalam bahasa Indonesia kedalam bahasa Arab dan sebaliknya. Kemampuan menerjemahkan merupakan tolak ukur kemampuan siswa dalam menulis dan menyusun kalimat-kalimat dalam bahasa Arab.
v  Petunjuk belajar bagi siswa
1.     (المفردات )
a.       Dalam kegiatan pokok ini siswa mengingat dengan teknik mendengarkan dan diucapkan berulang-ulang.
b.      Menjodohkan mufradat dengan gambar, sesuai dengan materi yang diajarkan guru.
c.       Siswa diperintahkan untuk menjodohkan mufradat dengan makna kata, kemudian mengajarkan latihan-latihan.
2.     (الإستماع  )
a.       Dalam kegiatan pokok ini siswa mengidentifikasi bunyi huruf-huruf hijaiyyah dan ujaran.
b.      Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana.
c.       Dapat merespon gagasan yang terdapat dalam wacana lisan atau dialog sederhana, dan mengerjakan latihan istima’.
3.    ( التركيب )
a.       Memperhatikan guru dalam menjelaskan tarkib yang telah diprogramkan guru.
b.      Dapat mencontohkan struktur kalimat yang telah dijelaskan guru.
c.       Menjawab latihan-latihan tarkib.
4.     ( الحوار )
a.       Siswa mendengarkan guru untuk membacakan dialog sederhana.
b.      Kemudian siswa diperintahkan untuk berdialog berpasang-pasangan sambil bertanya jawab dengan teman.
c.       Mengerjakan latihan-latihan الحوار .
5.     ( القراءة )
a.       Siswa memperhatikan guru membaca teks, kemudian siswa diperintahkan untuk membaca teks.
b.      Siswa diperintahkan untuk memahami teks serta mengetahui maknanya.
c.       Menjawab latihan-latihan yang sesuai dengan teks.
6.     ( الكتابة  )
Sebagaimana materi kitabah ini, simpulan dari materi yang dipelajari sebelumnya. Jadi, siswa langsung diperintahkan untuk menjawab latihan-latihan   الكتابة  .










            II………………………………………………..       Kata Pengantar
            IV………………………..Petunjuk Penggunaan Buku Bagi Guru
            VIII……………………Petunjuk Penggunaan Buku Bagi Siswa
            X………………………………………………………         Daftar Isi
            XI……………………………….       Analisis Program Pengajaran
            الدَّرْسُ الثَّالِثُ :  المُفْرَدَاتُ .......................................................  13
                                    الإِسْتِمَاعُ ........................................................  17
                                    التَّرْكِيبُ  .......................................................... 21
                                    الْمُحَادَثَةُ/الْكَلاَمُ ................................................ 24
                                    الْقِرَاءَةُ ........................................................... 27
                                    الْكِتَابَةُ ............................................................ 28
            قَائِمَةُ الْمُفْرَدَاتِ ..................................................................... 31
            الْمَرَاجِعُ ............................................................................... 32




Analisis Program Pengajaran
 




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Menyimak :
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang
أنشطتي فى البيت
1.       Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frase atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat.
2.       Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang أنشطتي فى البيت
Berbicara :
Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang أنشطتي فى البيت
1.       Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai dengan konteks dengan lafal yang tepat.
2.       Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar.
Membaca :
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang أنشطتي فى البيت
1.       Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan tepat dan benar.
2.       Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis dengan tepat.
Menulis :
Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialig tentang أنشطتي فى البيت
1.       Menulis kata, frase, dan kalimat dengan huruf, ejaan, dan tanda baca yang tepat dan benar
2.       Menulis paragraph sederhana tentang kegiatan sehari-hari di rumah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah ismiyyah dan fi’liyyah.

Struktur kalimat yang diguanakan adalah jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah.

أنشطتي فى البيت
الدرس
3
 




التركيب
الإستماع

المفردات

المحادثة/الكلام
القراءة

الكتابة
 




المفردات
 



v  
فُطُورٌ
غُسْلٌ
صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ
غَدَاءٌ
اِسْتَمِعْ ثُمَّ اَعِدِي الْمُفْرَدَاتِ الأتِيَةَ[1] !
عَشَاءُ
غُرْفَةُ
قِرَاءَةُ الْقُرْانِ
غُرْفَةُ المُذَاكَرَةِ
الرِّيَاضَةُ الْبَدَنِيَّةُ
تَنَاوَلَ-يَتَنَاوَلُ
ذَهَبَ-يَذْهَبُ
قَرَأَ-يَقْرَأُ
لَعِبَ-يَلْعَبُ
تَوَضَّأَ-يَتَوَضَّأُ
صَلَّى-يُصَلِّى
قَامَ-يَقُومُ
كَتَبَ-يَكْتُبُ
ذَاكَرَ-يُذَاكِرُ
وُضُوءٌ
 













                          


التَّدْرِيبَاتُ عَلَى الْمُفْرَدَاتِ
 


v   التَّدْرِيبُ الأَوَّلُ : اِحْفَظِ الْمُفْرَدَاتِ السَّابِقَةِ ![2]
v   التَّدْرِيبُ الثَّانِي : ضَعْ فِي مَكَانِ الْفَرَاغِ مُنَاسِبًا مُشِيرَةً عَلَى حُرُوفٍ مَكْتُوبَةٍ ![3]
No
Mufradat
Huruf kunci
Arti
1
فُطُورٌ
S
. . .
2
غُرْفَةُ النَّوْمِ
KT
. . .
3
غُسْلٌ
M
. . .
4
عَشَاءُ
MM
. . .
5
الرِّيَاضَةُ الْبَدَنِيَّةُ
O
. . .

v  
Menulis
Berdiri
Makan siang
Kamar belajar
Baca Al-qur’an
غَدَاءٌ
قِرَاءَةُ الْقُرْانِ
غُرْفَةُ المُذَاكَرَةِ
كَتَبَ
قَامَ
التَّدْرِيبُ الثَّالِثُ : صِلْ مُفْرَدَاتِ الأَتِيَةَ بِالْمَعْنَى الْمُنَاسِبِ ![4]








v   التَّدْرِيبُ الرَّابِعُ : صِلْ مُفْرَدَاتِ الأَتِيَةَ بِاالصُّوَرِ الْمُنَاسِبَةِ ![5]
1. غُرْفَةُ المُذَاكَرَةِ
                                                         

2.صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ


3. غُرْفَةُ النَّوْمِ


4. غُسْلٌ


5. الرِّيَاضَةُ الْبَدَنِيَّةُ

v   التَّدْرِيبُ الْخَامِسُ : حَوِّلِ الْمُفْرَدَاتِ اِلَى الْجَمْعِ ![6]
1. غُسْلٌ         ج ...
2.وُضُوءٌ         ج...
3.رِيَاضَةٌ         ج...
4. قِرَاءَةُ         ج...
5. غُرْفَةُ          ج...
v   التَّدْرِيبُ السَّادِسُ : ترجم هذه المفردات إلى اللّغة العربية ![7]
1.Berwudhu
2.Bermain
3.Pergi
4.Berdiri
5.Membaca
v   التَّدْرِيبُ السَّابِعُ : ترجم هذه المفردات إلى اللّغة الإندونيسية ![8]
1.غُرْفَةُ الْمُذَاكَرَةِ  ( ... )                              4.رِيَاضَةٌ         ( ... )
2. عَشَاءٌ         ( ... )                               5. غُرْفَةُ النَّوْمِ   ( ... )
3. صَلاَةٌ         ( ... )
مهارة الاستماع
 



v   سَيَقْرَأُ اُسْتَاذُكَ القِصَّةَ الاَتِيَةَ عنْ " أَنْشِطَتِي فِى الْبَيْتِ " ثُمَّ اسْتَمِعْ قِصَّتَهُ جَيِّدًا[9]
فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ صَبَاحًا أَقُومُ مِنَ النَّوْمِ ثُمَّ اَغْتَسِلُ وَاَدْلُكُ الأَسْنَانَ وأَتَوَضَّأُ فِى الْحَمَّامِ
وَبَعْدَ ذَلِكَ اَلْبَسُ الثَّوْبَ وَالإِزَارَ وَأذْهَبُ إِلَى الْمَسْجِدِ لِصَلاَةِ الصُّبْحِ جَمَاعَةً.لاَسِيَّمَا أَقْرَأُ الْقُرْاَنَ فِيهِ سُوْرَةُ الْبَقَرَةِ وَ سُورَةُ اَلِ عِمْرَانَ .فِي السَّاعَةِ السَّادِسَةِ تَمَامًا أَتَنَاوَلُ الْفُطُورَ عَادَةً اَكُلُ الْخُبْزَ وَالْفَطِيرَ وَأَشْرَبُ اللَّبَنَ.ثُمَّ فِي السَّاعَةِ السَّابِعَةِ تَماَمًا أَسْتَعِدُّ أَدَوَاتِ الدِّرَاسِيَّةِ وَأَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ مَعَ أَصْدِقَائِ مَاشِيِينَ الأَقْدَامَ, أَنَاطَالِبٌ فِي فَصْلِ الثَّانِي الْمُتَوَسِّطِ. وَفِي السَّاعَةِ الوَاحِدَةِ وَالنِّصْفِ أَرْجِعُ إِلَى الْبَيْتِ , مِنْ أَنْشِطَتِي هِيَ قِرَاءَةُ الْقُرْاَنِ بَعْدَ صَلاَةِ الظُّهْرِ , وَكُرَةُ الْقَدَمِ بَعْدَ صَلاَةِ العَصْرِ , وَمُذَاكَرَةُ الْكِتَابِ فِى غُرْفَةِ الْمُذَاكَرِةِ بَعْدَ الْعِشَاء.
التَّدْرِيبَاتُ عَلَى الإِسْتِمَاعِ
 

v   التَّدْرِيبُ الأَوَّلُ : اِسْتَمِعْ ثُمَّ إِخْتَرْ حَرْفَ الأَوَّلِ مِنَ الْكَلِمَاتِ ![10]
أ         م          ث          و         ب                             
ل       ص         ج           ف       ت                             
                    خ       س          ع             ر           ن
v   التَّدْرِيبُ الثَّانِي : اِسْتَمِعْ ثُمَّ إِخْتَرْ حَرْفَ الأَخِيرِ مِنَ الْكَلِمَاتِ ![11]
                      ت       م           ن             د            ك
                      س       ب         ر              ح           أ
                       ه        ل           ز             ء           ن
v    التَّدْرِيبُ الثّالِثُ : اِسْتَمِعْ ثُمَّ إِخْتَرِ الْكَلِمَةَ الْمُنَاسِبَةِ ![12]
1.    أ- سَاعَةٌ                   ب- سَاحَةٌ       ج- سَاأَةٌ         د- سَاطَةٌ
2.    أ- اَكْتَسِلُ        ب- اَغْتَسِلُ      ج- اَقْتَسِلُ       د- اَعْتَسِلُ
3.    أ- الْحُبزَ                    ب- الْجُبْزَ        ج- الْخُبْزَ         د- الْعُبْزَ
4.    أ- الْقَتِرُ                    ب- الْفَطِرُ        ج- الْكَتِيرُ        د- الْفَطِيرُ
5.    أ- لَبَنٌ            ب- لَبِنٌ          ج- لَتِنٌ           د- لَطِنٌ
v   التَّدْرِيبُ الرَّابِعُ : اِسْتَمِعْ ثُمَّ إِخْتَرْ بِاالصُّوَرِ الْمُنَاسِبَةِ ![13]
 (... )

( . . . )

( . . . )

( . . . )
                                               
v   التَّدْرِيْبُ الْخَامِسُ : استمع ثمَّ إختر الجمل المُنَاسِبَةِ ![14]
1.
أ . فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ تَمَامًا أَقُومُ مِنَ النَّوْمِ

ب. اَغْتَسِلُ وَاَدْلُكُ الأَسْنَانَ وأَتَوَضَّأُ فِى مَكَانِ الْوُضُوءِ

ج. مِنْ أَنْشِطَتِي فِى الْبَيْتِ هِيَ الْبَيْتِ هِيَ النَّومُ

د. وَمُذَاكَرَةُ الْكِتَابِ فِى غُرْفَةِ الطَّعَامِ
v   التَّدْرِيبُ السَّادِسُ : اِسْتَمِعْ ثُمَّ إخْتَرْ ( ص) أو ( خ ) إلى الكلمات المُنَاسِبَةِ ![15]
1.( ص – خ ) أذْهَبُ إِلَى الْمَسْجِدِ لِصَلاَةِ الضُّحى جَمَاعَةً.
2. ( ص – خ ) اَغْتَسِلُ وَاَدْلُكُ الأَسْنَانَ وأَتَوَضَّأُ فِى الْحَمَّامِ.
3. ( ص – خ ) فِي السَّاعَةِ السَّادِسَةِ تَمَامًا لاَ أَتَنَاوَلُ الْفُطُورَ.
4. ( ص – خ ) فِي السَّاعَةِ الوَاحِدَةِ وَالنِّصْفِ أَرْجِعُ إِلَى الْبَيْتِ.
5. ( ص – خ ) أَنْشِطَتِي هِيَ قِرَاءَةُ الْمَجَلاَّتِ بَعْدَ صَلاَةِ الظُّهْرِ
 







التَّدْرِيبُ السَّابِعُ : أَكْمِلْ هَذِهِ القِصَّةَ الْمُنَاسِبَةَ بِمَا تَسْتَمِعُ مِنَ الأُسْتَاذِ ![16]
فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ صَبَاحًا ( . . . )
ثُمَّ اَغْتَسِلُ وَاَدْلُكُ الأَسْنَانَ وأَتَوَضَّأُ ( . . . )
( . . . ) الثَّوْبَ وَالإِزَارَ وَأذْهَبُ إِلَى الْمَسْجِدِ لِصَلاَةِ الصُّبْحِ جَمَاعَةً.
( . . . ) تَمَامًا أَتَنَاوَلُ الْفُطُورَ عَادَةً اَكُلُ الْخُبْزَ وَالْفَطِيرَ وَأَشْرَبُ اللَّبَنَ.
ثُمَّ فِي السَّاعَةِ السَّابِعَةِ تَماَمًا أَسْتَعِدُّ ( . . . ) وَأَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ مَعَ أَصْدِقَائِ مَاشِيِينَ الأَقْدَامَ.
وَفِي السَّاعَةِ الوَاحِدَةِ وَالنِّصْفِ أَرْجِعُ ( . . . )
أمَّا أَنْشِطَتِي هِيَ ( . . . ) الْقُرْاَنِ بَعْدَ صَلاَةِ الظُّهْرِ.
( . . . ) بَعْدَ صَلاَةِ العَصْرِ.
وَمُذَاكَرَةُ الْكِتَابِ فِى غُرْفَةِ ( . . . ) بَعْدَ الْعِشَاء.









التَّرْكِيبُ
1.جُمْلَةُ الاِسْمِيَّةِ : هِيَ الَّتِي تُوجَدُ فِيهَا الْمُبْتَدَأُ وَالْخَبَرُ,الْجَارُ وَالْمَجْرُورُ أَوِ الظَّرْفُ.
2. جُمْلَةُ الْفِعْلِيَّةِ : هِيَ الَّتِي تُوجَدُ فِيهَا الْفِعْلُ وَالْفَاعِلُ.
1.      Jumlah ismiyyah adalah yang terdapat padanya mubtada dan khabar, di dahului jar majrur atau zharaf
2.      Jumlah fi’liyyah adalah yang terdapat padanya fi’il (kata kerja) dan fa’il (subjek).
جُمْلَةُ الاِسْمِيَّةِ وَجُمْلَةُ الْفِعْلِيَّةِ
Struktur kalimat yang digunakan adalah Jumlah ismiyyah dan Jumlah fi’liyyah
 







                                        




أَمْثِلَةُ جُمْلَةِ الْفِعْلِيَّةِ :
اَغْتَسِلُ وَاَدْلُكُ الأَسْنَانَ

أَمْثِلَةُ جُمْلَةِ الاِسْمِيَّةِ :
مِنْ أَنْشِطَتِي هِيَ قِرَاءَةُ الْقُرْاَنِ
                                                                    



                                                                                    
التَّدْرِيبُ عَلَى التَّرْكِيبِ
 



v   تَدْرِيبُ الأَوَّلِ : عَيِّنْ " المبتداء والخبر " من الجمل الاتية ![17]
1.    أَنَاطَالِبٌ فِي الْفَصْلِ الثَّانِي الْمُتَوَسِّطِ.
2.    مِنْ أَنْشِطَتِي هِيَ مُذَاكَرَةُ الْكِتَابِ فِى غُرْفَةِ الْمُذَاكَرِةِ بَعْدَ الْعِشَاء.
3.    ثُمَّ فِي السَّاعَةِ السَّابِعَةِ تَماَمًا أَسْتَعِدُّ أَدَوَاتِ الدِّرَاسِيَّةِ.

v   تَدْرِيبُ الثَّاني : عَيِّنْ " الفعل والفاعل " من الجمل الاتيةَ ![18]
1.    أَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ مَعَ أَصْدِقَائِ.
2.    أَتَنَاوَلُ الْفُطُورَ.
3.    كُرَةُ الْقَدَمِ بَعْدَ صَلاَةِ العَصْرِ.

v   تَدْرِيبُ الثَّالِثِ : حَوّل الأفْعَال الأتية إِلى الأسماء ![19]
1.    اَدْلُكُ
2.    أَقُومُ
3.    أَقْرَأُ
4.    أَذْهَبُ
5.    أَشْرَبُ
v   تَدْرِيبُ الرَّابِعِ : حَوِّلِ الأَسْماءَ الأَتِيَةَ إِلى الأَفْعالِ ![20]
1.    لِبَا سٌ   
2.    شُرْبٌ
3.    تَوَضُّأٌ
4.    رُجُوعًا
5.    أَكْلٌ












المُحَادَثَةُ/ الْكَلامُ
 



أنْشِطَتِي فِي الْبَيْتِ
                                                              
الأُسْتَاذُ  :  مَتَى تَقُومُ مِنَ النَّوْمِ يَاعُثْمَانُ ؟
عُثْمَانُ   : أَقُوْمُ مِنَ النَّوْمِ صَبَاحًا بَاكِرًا فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ وَالنِّصْفِ .
الأُسْتَاذُ  : أَيْنَ تُصَلِّي الصُّبْحَ ؟
عُثْمَانُ   : أُصَلِّي الصُّبْحَ فِي الْمَسْجِدِ .
الأُسْتَاذُ  : مَاذَا تَعْمَلُ بَعْدَ صَلاَةِ الصُّبْحِ ؟
عُثْمَانُ   : بَعْدَ صَلاَةِ الصُّبْحِ أَقْرَأُ بَعْضَ الاَيَاتِ مِنَ الْقُرْاَنِ .                          
الأُسْتَاذُ  : وَمَاذَا تَعْمَلُ بَعْدَ ذَلِكَ ؟
عُثْمَانُ   : بَعْدَ ذَلِكَ أَرْجِعُ إِلَى الْبَيْتِ ثُمَّ أَغْتَسِلُ ثُمَّ أَسْتَعِدُّ لِلذِّهابِ إِلَى الْمَدْرَسَةِ .
الأُسْتَاذُ  : مَتَى تَتَنَاوَلُ الْفُطُورَ ؟
عُثْمَانُ   : أَتَنَاوَلُ الْفُطُورَ فِي السَّاعَةِ السَّادِسَةِ.
الأُسْتَاذُ  : وَمَتَى تَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ ؟
عُثْمَانُ   : أَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ فِي السَّاعَةِ السَّادِسَةِ وَالنِّصْفِ .
الأُسْتَاذُ  : مَاذَا تَعْمَلُ ( فِي الْبَيْتِ ) بَعْدَ أَنْ تَرْجِعَ مِنَ الْمَدْرَسَةِ ؟
عُثْمَانُ   : بَعْدَ أَنْ أَرْجِعَ مِنَ الْمَدْرَسَةِ أُصَلِّي صَلاَةَ الظُّهْرِ , وَأَتَنَاوَلُ الْغَدَاءَ ثُمَّ أَسْتَرِيحُ أَوْ أَنَامُ قَلِيلاً.وَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ أُصَلِّي صَلاَةَ الْعَصْرِ.
الأُسْتَاذُ  : وَفِي الْمَسَاءِ , بَعْدَ صَلاَةِ الْعَصْرِ , مَاذَا تَعْمَلُ يَا عُثْمَانُ ؟
عُثْمَانُ   : فِي الْمَسَاءِ , بَعْدَ صَلاَةِ الْعَصْرِ , أَحْيَانًا أَذْهَبُ إِلَى الْمَلْعَبِ لِأَلْعَبَ كُرَةَ الْقَدَمِ مَعَ أَصْدِقَاءِي , وَ أَحْيَانًا أَذْهَبُ إِلَى بَيْتِ صَدِيقِي لِلعَمَلِ الْجَماعِي .
الأُسْتَاذُ  : مَتَى تُصَلِّى الْعِشَاءَ .
عُثْمَانُ   : أُصَلِّى الْعِشَاءَ فِي السَّاعَةِ السَّابِعَةِ وَالنِّصْفِ .
الأُسْتَاذُ  : مَاذَا تَعْمَلُ بَعْدَ صَلاَةِ الْعِشَاءِ ؟
عُثْمَانُ   : بَعْدَ صَلاَةِ الْعِشَاءِ أُذَاكِرُ دُرُوسِي وَأَعْمَلُ الْوَاجِبَ الْمَنْزِلِيَّ .
الأُسْتَاذُ  : أَنْتَ طَالِبٌ مُجِدٌّ يَا عُثْمَانُ .
عُثْمَانُ   : شُكْرًا كَثِيرًا يَا أُسْتَاذُ.





التَّدْرِيبَاتُ عَلَى الْمُحَادَثَاتِ/الْكَلاَمِ
 
                                                                                    [21]
التَّدْرِيبُ الأَوَّلُ : أَكْمِلِ الْمُحَادَثَاتِ الأَتِيَةَ بِالْكَلِمَاتِ الْمُنَاسِبَةِ !
الأُسْتَاذُ  :  مَتَى . . . . يَاعُثْمَانُ ؟
عُثْمَانُ   : أَقُوْمُ مِنَ النَّوْمِ صَبَاحًا بَاكِرًا فِي (. . . .)
الأُسْتَاذُ  : أَيْنَ تُصَلِّي الصُّبْحَ ؟
عُثْمَانُ   : أُصَلِّي ( . . . . )
الأُسْتَاذُ  : مَاذَا تَعْمَلُ بَعْدَ صَلاَةِ الصُّبْحِ ؟
عُثْمَانُ   : بَعْدَ صَلاَةِ الصُّبْحِ ( . . . . )
الأُسْتَاذُ  : مَتَى تَتَنَاوَلُ الْفُطُورَ ؟
عُثْمَانُ   : ( . . . . ) فِي السَّاعَةِ السَّادِسَةِ.
التَّدْرِيبُ الثَّانِي : أَجِبِ الأَسْئِلَةَ الأتِيَةَ ![22]
1.    مَتَى يَذْهَبُ عُثْمَانُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ ؟
2.    مَاذَا يَعْمَلُ عُثْمَانُ( فِي الْبَيْتِ ) بَعْدَ أَنْ يَرْجِعَ مِنَ الْمَدْرَسَةِ ؟
3.    إِلَى أَيْنَ يَذْهَبُ عُثْمَانُ فِى المَسَاءِ ؟
4.    هَلْ يُصَلِّى عُثْمَانُ الْعِشَاءَ ؟
5.    مَاذَا يَعْمَلُ عُثْمَانُ فِي الْمَسَاءِ ؟
الْقِرَاءَةُ
 



          عُثْمَانُ طَالِبٌ مُجِدٌّ . يَقُومُ مِنَ النَّوْمِ صَبَاحًا بَاكِرًا ثُمَّ يَتَوَضَّأُ فِى الْحَمَّامِ . وَبْعْدَ الْوُضُوءِ يَذْهَبُ إِلَى الْمَسْجِدِ لِصَلاَةِ الصُّبْحِ جَمَاعَةً . وَبَعْدَ الصَّلاَةِ يَقْرَأُ بَعْضَ الاَيَاتِ مِنَ الْقُرْاَنِ . ثُمَّ يَرْجِعُ إِلَى الْبَيْتِ لِيَغْتَسِلَ . وَبَعْدَ ذَلِكَ يَسْتَعِدُّ لِلذِّهَابِ إِلَى الْمَدْرَسَةِ .
          فِى السَّاعَةِ السَّادِسَةِ يَتَنَاوَلُ عُثْمَانُ الْفُطُورَ ثُمَّ يَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ مَعَ أَصْدِقَائِهِ . فِى الْمَدْرَسَةِ يَتَعَلَّمُ عُثْمَانُ اللُّغَةَ الْعَرَبِيَّةَ وَاللُّغَةَ الإِنْجِلِيزِيَّةَ وَالْحِسَابَ وَغَيْرَ ذَلِكَ .
          تَنْتَهِي الدِّرَاسَةُ فِى السَّاعَةِ الثَّانِيةَ عَشْرَةَ ظُهْرًا . فَيَرْجِعُ عُثْمَانُ إِلَى الْبَيْتِ بِالْحَافِلَةِ ثُمَّ يُصُلِّي صَلاَةَ الظُّهْرِ ,وَيَتَنَاوَلُ الْغَدَاءَ ثُمَّ يَسْتَرِيحُ أَوْيَنَامُ قَلِيلاً. وَفِي الْمَسَاءِ , بَعْدَ صَلاَةِ الْعَصْرِ يَذْهَبُ عُثْمَانُ إِلَى الْمَلْعَبِ لِيَلْعَبَ كُرَةَ الْقَدَمِ مَعَ أَصْدِقَائِهِ. وَفِي السَّاعَةِ السَّابِعَةِ يُصُلِّي عُثْمَانُ صَلاَةَ الْعِشَاءِ ثُمَّ يُذَاكِرُ دُرُوْسَهُ وَيَعْمَلُ الْوَاجِبَاتِ الْمَنْزِلِيَّةَ ثُمَّ يَنَامُ .
أَجِبِ الأَسْئِلَةَ الأَتِيَةَ الْمُنَاسِبَةَ بِالنَّصِّ[23]
1.    هَلْ عُثْمَانُ أُسْتَاذٌ ؟
2.    مَتَى يَقُومُ عُثْمَانُ مِنَ النَّوْمِ ؟
3.    أَيْنَ يُصَلِّي عُثْمَانُ صَلاَةَ الصُّبْحِ ؟
4.    مَاذَا يَعْمَلُ عُثْمَانُ بَعْدَ صَلاَةِ الصُّبْحِ ؟
5.    مَتَى يَتَنَاوَلُ عُثْمَانُ الْفُطُورَ ؟

تَرْجِمْ هَذِهِ الْكَلِمَاتِ إِلَى اللُّغَةِ الإِنْدُونِسيَّةِ بِالْجَيِّدَةِ[24]
1.    عُثْمَانُ طَالِبٌ مُجِدٌّ.
2.    . يَقُومُ مِنَ النَّوْمِ صَبَاحًا بَاكِرًا ثُمَّ يَتَوَضَّأُ فِى الْحَمَّامِ.
3.    فِى السَّاعَةِ السَّادِسَةِ يَتَنَالُ عُثْمَانُ الْفُطُورَ ثُمَّ يَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ مَعَ أَصْدِقَائِهِ .
4.    بَعْدَ صَلاَةِ الْعَصْرِ يَذْهَبُ عُثْمَانُ إِلَى الْمَلْعَبِ لِيَلْعَبَ كُرَةَ الْقَدَمِ مَعَ أَصْدِقَائِهِ.
5.    وَفِي السَّاعَةِ السَّابِعَةِ يُصُلِّي عُثْمَانُ صَلاَةَ الْعِشَاءِ.
ضَعِ الْحَرْفَ " ص" إذا كانت العبارة صحيحة و " خ " إذا كانت العبارة خطيئة[25]
الأسئلة
الأجوبة
فِى السَّاعَةِ السَّادِسَةِ يَتَنَاولُ عُثْمَانُ الْغداءَ

فِى الْمَدْرَسَةِ يَتَعَلَّمُ عُثْمَانُ اللُّغَةَ الْعَرَبِيَّةَ وَاللُّغَةَ الإِنْجِلِيزِيَّةَ وَالْحِسَابَ وَغَيْرَ ذَلِكَ

يَرْجِعُ عُثْمَانُ إِلَى الْبَيْتِ بِالْسَّيَّارَاتِ

عُثْمَانُ طَالِبٌ مُجِدٌّ

وَبْعْدَ الْوُضُوءِ يَذْهَبُ إِلَى الْمَسْجِدِ لِلنَّوْمِ


أكمل الكلمات الأتية المناسبة بالقراءة[26]
          عُثْمَانُ طَالِبٌ ( ...)  يَقُومُ مِنَ النَّوْمِ صَبَاحًا بَاكِرًا ثُمَّ يَتَوَضَّأُ فِى الْحَمَّامِ . وَبْعْدَ الْوُضُوءِ (. .. )لِصَلاَةِ الصُّبْحِ جَمَاعَةً . وَبَعْدَ الصَّلاَةِ يَقْرَأُ بَعْضَ الاَيَاتِ مِنَ الْقُرْاَنِ . ثُمَّ يَرْجِعُ إِلَى الْبَيْتِ لِيَغْتَسِلَ . وَبَعْدَ ذَلِكَ يَسْتَعِدُّ لِلذِّهَابِ إِلَى الْمَدْرَسَةِ .
          (...) يَتَنَاوَلُ عُثْمَانُ الْفُطُورَ ثُمَّ يَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ مَعَ أَصْدِقَائِهِ . فِى الْمَدْرَسَةِ يَتَعَلَّمُ عُثْمَانُ (...) وَغَيْرَ ذَلِكَ .
الكتابة
 


v   التدريب الأول : اجعلِ الْجُمْلَةَ الْمُفِيدَةَ بِاسْتِعْمَالِ الْكَلِمَاتِ الأَتِيَةَ[27]
1.لَعِبَ
2.يَتَنَاوَلُ
3. طَالِبٌ
4.ذِهَابٌ
5. يُذَاكِرُ
 






v   التّدْرِيبُ الثَّاني : رَتِّبِ الكلماتِ الأتية لتكون جملة مفيدة[28]
1.    الْمَدْرَسَةِ – عُثْمَانُ – فِى – يَتَعَلَّمُ – الْعَرَبِيَّةَ – الإِنْجِلِيزِيَّةَ – وَالْحِسَابَ – اللُّغَةَ
2.    إِلَى – بِالْحَافِلَةِ – الْبَيْتِ – يَرْجِعُ -  عُثْمَانُ
3.    صَلاَةِ – بَعْدَ – عُثْمَانُ – الْعَصْرِ – يَذْهَبُ – الْمَلْعَبِ – إِلَى
4.    صَلاَةَ الْعِشَاءِ - فِي السَّاعَةِ – عُثْمَانُ – السَّابِعَةِ – يُصُلِّي
5.    دُرُوْسَهُ – يُذَاكِرُ- وَيَعْمَلُ- الْوَاجِبَاتِ الْمَنْزِلِيَّةَ – عُثْمَانُ



v   التّدريبُ الثَّالِثُ : اسْتَمِعِ الجملَ التي قرأ أستاذُكَ واكتب فى الوَرَقَةِ ![29]
v   صحِّحِ الكلمات الخطيئةَ في الجمل الأتيةَ ![30]
1.    عُثْمَانُ عَامِلٌ مُجِدٌّ
2.    يَقُومُ مِنَ النَّوْمِ مَسَاءً بَاكِرًا ثُمَّ يَتَوَضَّأُ فِى الْمِرْحَاضِ.
3.    بَعْدَ الصَّلاَةِ يَقْرَأُ بَعْضَ الاَيَاتِ مِنَ الْحَدِيثِ.
4.    يَمْشِي عُثْمَانُ إِلَى الْبَيْتِ بِالْجَوَّالَةِ.
5.    يَذْهَبُ عُثْمَانُ إِلَى الْمَلْعَبِ لِيَلْعَبَ كُرَةَ الْسَلَّةِ مَعَ النِّسَاءِ.











قَائِمَةُ الْمُفْرَدَاتِ
صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ
Shalat berjamaah
غُسْلٌ
Mandi
فُطُورٌ
Sarapan pagi
غَدَاءٌ
Makan siang
عَشَاءُ
Makan malam
غُرْفَةُ
Kamar
قِرَاءَةُ الْقُرْاَنِ
Baca Alqur’an
غُرْفَةُ المُذَاكَرَةِ
Kamar belajar
وُضُوءٌ
Wudhu’
الرِّيَاضَةُ الْبَدَنِيَّةُ
Olahraga/senam
لَعِبَ-يَلْعَبُ
Bermain
قَرَأَ-يَقْرَأُ
Membaca
ذَهَبَ-يَذْهَبُ
Pergi
تَنَاوَلَ-يَتَنَاوَلُ
Memperoleh
كَتَبَ-يَكْتُبُ
Menulis
قَامَ-يَقُومُ
Berdiri
صَلَّى-يُصَلِّى
Shalat
تَوَضَّأَ-يَتَوَضَّأُ
Berwudhu’
ذَاكَرَ-يُذَاكِرُ
Mengulangi pelajaran



الْمَرَاجعُ
- Syachkhuddin, Akhmad, Syahbullah Hasan .Ayo Memahami Bahasa Arab untuk MTs/SMP Islam Kelas VIII.. Penerbit : Erlangga.Jakarta 2010.
- Sunarto, Ahmad, 2002. Kamus Lengkap “Al-Fikr “ Arab-Indonesia-Inggris, Surabaya, Penerbit : Halim Jaya.
- علي الجارم ومصطفى امين . النحو الواضح الجزء الأول .(سورابايا : الحرمين جايا . 2005)


[1]Dengarkan kemudian ikuti mufradat berikut ini !
[2] Hafalkan mufradat.
[3] Tuliskan arti kata-kata berikut berdasarkan huruf kunci
[4] Jodohkan kata-kata berikut ini dengan makna yang sesuai
[5] Jodohkan kata-kata berikut ini dengan gambar yang sesuai
[6] Buatlah Mufradat ke dalam bentuk Jamaknya
[7] Terjemahkanlah kosakata di bawah ini ke dalam bahasa Arab
[8] Terjemahkanlah kosakata di bawah ini ke dalam bahasa Indonesia
[9] gurumu membacakan kemudian dengarkan/simak cerita dengan baik
[10] Dengarkan kemudian pilih huruf awal dari kalimat yang kamu dengar
[11] Dengarkan kemudian pilih huruf akhir dari kalimat yang kamu dengar
[12] Dengarkan kemudian pilih kalimat berikut menurut ejaan yang sesuai makna
[13] Dengarkan kemudian pilihlah dengan gambar yang sesuai
[14] Dengarkanlah kemudian pilihlah kalimat-kalimat yang sesuai
[15] Dengarkanlah kata (dibacakan guru) kemudian pilih benar atau salah pada kata yang sesuai
[16] Lengkapi kisah berikut ini sebagaimana yang kamu dengar dari guru
[17] Tentukan Mubtada’ dan Khabar dari kalimat-kalimat berikut ini
[18] Tentukan Fi’il dan Fa’il dari kalimat-kalimat berikut ini
[19] Rubahlah Fi’il-fi’il tersebut kepada isim
[20] Rubahlah Isim-isim tersebut kepada Fi’il
[21] Lengkapi percakapan berikut sesuai dengan contoh
[22] Jawablah pertanyaan berikut
[23] Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai teks diatas
[24] Terjemahkanlah kalimat-kalimat ini ke dalam bahasa Indonesia dengan sempurna
[25] Letakkan huruf (ص ) bila pernyataan benar, dan huruf ( خ ) apabila pernyataan salah
[26] Sempurnakanlah kalimat-kalimat berikut sesuai dengan materi qiraah.
[27] Buatlah kalimat sempurna dengan menggunakan kata-kata di bawah ini
[28] Susunlah kata-kata di bawah ini agar menjadi kalimat yang sempurna
[29] Dengarkan kalimat yang dibacakan gurumu kemudian tulis
[30] Benarkanlah  kata-kata yang salah  pada kalimat berikut
Share this article :
Disclaimer: Artikel, gambar ataupun video yang ada di blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain, dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami dengan memberikan komentar yang bijak di bawah ini.

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Huzna Souvenir
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Zona Berbagi - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template