Hakekat Keterampilan Berbicara Bahasa Arab di MI | Zona Berbagi
Headlines News :
Home » » Hakekat Keterampilan Berbicara Bahasa Arab di MI

Hakekat Keterampilan Berbicara Bahasa Arab di MI

Written By MAS IRTIQAIYAH BANJARMASIN on Wednesday, November 5, 2014 | 8:50 PM



BAB II
LANDASAN TEORI
A.                Hakekat Keterampilan Berbicara Bahasa Arab di MI
1.Pengertian Keterampilan Berbicara Bahasa Arab
            Kamus Besar Bahasa Indonesia keterampilan adalah kecakapan untuk menyelesaikan tugas. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Depdiknas, 2008: 196) tertulis bahwa berbicara adalah “berkata, bercakap, berbahasa atau melahirkan pendapat (dengan perkataan, tulisan, dan sebagainya) atau berunding”. Keterampilan yaitu kemampuan untuk menggunakan akal, fikiran, ide dan kreatifitas dalam mengerjakan, mengubah ataupun membuat sesuatu menjadi lebih bermakna sehngga menghasilkan sebuah nilai dari hasil pekerjaan tersebut.
            Keterampilan berbicara bahasa Arab adalah kecekatan dan kecepatan  dalam mengutarakan buah pikiran dan perasaan, serta ketepatan dan kebenaran dalam memilih kosakata dan kalimat dengan bahasa Arab secara lisan.[1]
Berbicara secara umum dapat diartikan suatu penyampaian maksud (ide, pikiran, isi hati) seseorang kepada orang lain dengan menggunakan bahasa lisan sehingga maksud tersebut dapat dipahami oleh orang lain(Depdikbud, 1984:3/1985:7). Pengertiannya secara khusus banyak dikemukakan oleh para pakar. Henry Guntur Tarigan (2008:16), mengemukakan berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Sedangkan sebagai bentuk atau wujudnya berbicara disebut sebagai suatu alat untuk mengkomunikasikan gagasan-gagasan serta dikembangkan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan sang pendengar atau penyimak.
Sty Slamet (2007:12) menjelaskan bahwa berbicara adalah kegiatan mengekspresikan gagasan, perasaan, dan kehendak pembicara yang perlu diungkapkan kepada orang lain dalam bentuk ujaran. Sedangkan menurut Sabarti Ahdiah (1992:3) berbicara adalah keterampilan menyampaikan pesan melalui bahasa lisan. Selanjutnya Nurhatim (2009:1) berbicara adalah bentuk komunikasi verbal yang dilakukan manusia dalam rangka pengungkapan gagasan dan ide yang telah disusun dalam pikiran.
Menurut Suharyanti (1996:5), berbicara adalah suatu sistem tanda-tanda yang dapat didengar (audible) yang dapat dilihat (visualble) yang memanfaatkan sejumlah otot dan  jaringan otot tubuh manusia demi maksud dan tujuan gagasan-gagasan yang dikomunikasikan
            Menurut Aziz Fahrurrozi mengungkapkan bahwa keterampilan berbicara adalah kemampuan pengucapan suara Arab dengan pengucapan yang baik sehingga suara tersebut sesuai dengan makhrojnya yang telah ditetapkan oleh para ahli .[2]
            Dari beberapa definisi di atas dapat dsimpulkan bahwa keterampilan berbicara adalah kemampuan mengungkapkan pendapat atau pikiran kepada seseorang secara lisan dengan aturan kebahasaan tertentu.

2.Pengertian Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab
Berbicara adalah kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan fikiran gagasan dan perasaan.
Berbicara adalah suatu alat untuk mengkomunikasikan gagasan-gagasan yang disusun serta dikembangkan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan sang pendengar atu penyimak.[3]
Dengan demikian pembelajaran berbicara dapat didefinisikan sebagai aktifitas mengungkapan gagasan, pendapat, ide melalui lisan dalam kegiatan pembelajaran.

c.Tujuan Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab
- Agar peserta didik mampu berinteraksi dengan guru, teman atau dengan orang asing (asli   Arab) dengan baik dan benar.
- Melatih dan mengembangkan potensi peserta didik dalam menggunakan bahasa secara lisan untuk mengemukakan pendapat, perasaan, menjalin komunikasi, dan melakukan interaksi dengan masyarakat luas.


[1] Ahmad Izzan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.( Bandung :  Humaniora 2009) Hal. 138
[2]  Mahmud Kamil Annaqah, Ta’lim Allugoh al’arobiyah.jami’ah ummul quro, 1985. hlm. 151
[3] Ahmad Izzan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. ( Bandung :  Humaniora 2009) Hal. 96
Share this article :
Disclaimer: Artikel, gambar ataupun video yang ada di blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain, dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami dengan memberikan komentar yang bijak di bawah ini.

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Huzna Souvenir
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Zona Berbagi - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template