Hilal Diprediksi Terlihat Besok, Minggu Lebaran | Zona Berbagi
Headlines News :
Home » » Hilal Diprediksi Terlihat Besok, Minggu Lebaran

Hilal Diprediksi Terlihat Besok, Minggu Lebaran

Written By Smile79 on Friday, August 17, 2012 | 10:45 PM

hilal bulan puasa dan lebaran idul fitri

Hilal Diprediksi Terlihat Besok, Minggu Lebaran


Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Jawa Timur akan melakukan rukyatul hilal pada Sabtu (18/8/2012) sore besok. Hal itu untuk menentukan jatuhnya tanggal 1 Syawal 1433 Hijriah.

Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Sudjak, mengatakan, rukyat digelar pada Sabtu karena berdasarkan perhitungan ahli hisab. "Jika saat ini kita Rukyat, berdasarkan perhitungan ahli hisab, hilal masih berada minus dua derajat di bawah ufuk sehingga tidak bisa di rukyat," kata Sudjak di Gedung Negera Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Jumat (18/8/2012).

Hal itu berbeda ketika penentuan awal Ramadan tahun lalu. Posisi hilal memang sudah berada di atas ufuk, namun tidak memenuhi ketentuan untuk imkanul rukyat (kemungkinan untuk rukyah).

"Yang lalu memang posisi hilal sudah di atas ufuk, hanya saja tidak bisa. Kalau besok diprediksi bisa dirukyat," ujarnya.

Sedangkan untuk rukyat besok, Kanwil Kemenag Jatim memantau di lima titik, yakni Pantai Ngliyep (Malang), Masjid Al Akbar (Surabaya), Bukti Condro (Gresik), Tanjung Kodok (Lamongan), dan Bangkalan (Madura). Tim akan dibekali teropong untuk melihat hilal.

Dia memprediski hilal bisa dilihat besok. Selain lantaran cuaca terang, berdasarkan perhitungan ahli hisab, tinggi hilal pada saat itu mencapai empat derajat di atas ufuk. "Jadi sudah bisa dilihat. Sehingga 1 Syawal jatuh pada hari Minggu," tukasnya.

Dia juga memprediksi, meski terjadi perbedaan antara ormas dan pemerintah dalam penentuan awal Ramadan, namun untuk 1 Syawal akan serentak. Sepertid iketahui, Muhammadiyah sudah memastikan bahwa 1 Syawal 1433 H atau Idul Fitri akan jatuh pada Minggu, 19 Agustus lusa.

Sumber : Okezone.com
Share this article :
Disclaimer: Artikel, gambar ataupun video yang ada di blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain, dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami dengan memberikan komentar yang bijak di bawah ini.

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Huzna Souvenir
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Zona Berbagi - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template