BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an,
Hadis Nabi, maka untuk mengkaji keduanya dibutuhkan seperangkat alat atau
sarana agar tidak salah dalam membaca dan memahami teks arab yang belum ada
harakatnya serta untuk mengetahui perubahan-perubahan kata. Sebab apabila salah
dan keliru dalam pembacaan tesk akan mengakibatkan salah dan keliru dalam
pemaknaan. Untuk menghindari itu, sarannya adalah Ilmu Nahwu dan Shorof.
Keduanya merupakan keutuhan yang tidak boleh diabaikan.
B.Rumusan Masalah
A. Pengertian mubtada dan khobar
B. Pembagian mubtada dan khobar
1
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Mubtada dan Khobar
Mubtada
ialah isim marfu' yang bebas dari amil lafazh, sedangkan khabar ialah isim
marfu' yang di-musnad-kan kepada mubtada,[1]
contohnya seperti perkataan: زَيْدٌ قَائِمٌ Artinya : Zaid itu berdiri . زَيْدٌ adalah mubtada’ dan قَائِمٌ khabarnya.
Maksudnya: Mubtada itu
isim marfu' yang kosong atau bebas dari amil lafazh, yakni: yang me-rafa'-kan
mubtada itu bukan amil lafazh, seperti fa'il (subjek) atau naibul fa'il
(pengganti subjek), melainkan oleh amil maknawi, yaitu oleh ibtida atau
permulaan kalimat saja.
Sedangkan
khabar adalah isim marfu' yang di-musnad-kan/atau disandarkan kepada mubtada,
yakni tidak akan ada khabar kalau tidak ada mubtada dan mubtada itulah yang
me-rafa'-kan khabar.
B.
Pembagian Mubtada dan Khobar
Pembagian Mubtada:
1. Secara garis besar mubtada terbagi menjadi dua yaitu mubtada اِسِمْ صَرِيح
2
(isim yang jelas ) ,
dan mubtada مؤول به (yang di ta’wil ). Contoh mubtada yang jelas : زَيْدٌ قَائِمٌ , contoh mubtada yang di ta’wil : وَأَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرُ لَكُمْ asalnya صِيَامُكُمْ خَيْرُ لَكُمْ.
2. Di baca rofa
رفع ظاهر, نحو:
زيدٌ قائِمٌ , رفع مقدرا, نحو: غُلاّمِيْ قائمٌ
Adapun amil yang merofa’kan
mubtada adalah amil ma’nawi ibtida .
3. Sepi dari amil lafdi
Amil lafdi yang tidak boleh
masuk pada mubtada adalah amil lafdi yang asli. Mubtada syaratnya harus berupa isim marifat,
sebab mubtada adalah Mahkum Alaih (Perkara yang dihukumi) sedangkan mukhotob
tidak mungkin faham terhadap faidahnya khobar bila Mahkum Alaih (Mubtada) tidak
jelas (Nakiroh).
Apabila ada isim nakiroh menjadi mubtada maka harus mempunyai مُسَوِّغ (perkara yang memperbolehkan)
dan مُسّوِّغ tersebut adalah:
a. Didahului nafi atau istifham
contoh: ماَرُجُلٌ قَائِمٌ,هَلْ رَجُلٌ قَائِم
b. Di sifati contoh: عبد مؤم خير من مشرك
c. Khobarnya berupa dorof atau
jer majrur yang mendahului mubtada contoh:عندك رجل,في الدار امراة
3
d. Di idofahkan contoh: خمس صلوات كتبهن الله
Pembagian khobar:
Khobar mubtada’ terbagi menjadi 3 (tiga) macam yaitu:
1. Khobar mufrod : khobar yang
tidak terdiri dari jumlah. Lafad khobar ini ada 3 (tiga):
a. Khobar mufrod mustaq:
khobar yang terdiri dari isim fail, maf’ul, isim tafdil, atau sifat musabbihah, ia punya dhomir yang
kembali kepada mubtada’.
Contoh : العلم نافع
Hukum dari khobar mufrad mustaq ini wajib mutobiq (sama) dengan
mubtada’nya baik bentuk maupun jenisnya (mufrad, tasniah, jama’, mudzakkar dan
muannasnya). Contoh:
مفرد مذكر: المد رس عالم, تثنية مذكر: المد رسان عالمان , جمع مذكر: المد رسون عالمون , مفرد مؤنث : المد رّسة عالمة, تثنية مؤنث : المد رستان عالمتان , جمع مؤنث
: المد رسات عالمات
b. Khobar mufrod jamid :
lafadz khobar yang tidak termasuk salah satu lafadz khobar mufrod mushtaq. Contoh :
الصُمْتُ زَيْنٌ (Diam itu perhiasan ) السُكوت سلامة (tidak bicara itu selamat)
4
c. Khobar mufrod muawwal
bilmustaq : lafad khobar mufrod yang jamid namun yang di maksud adalah lafad
mustaq. Contoh:
محمد اسد اى هو شجاع (Muhammad itu harimau yakni ia pemberani). Karena yang dimaksud adalah
lafad mushtaq maka hukum khobar mufrod muawwal bilmushtaq ini pun harus mutobi’
dengan mubtada’nya.
2.Khobar jumlah: khobar yang terdiri dari jumlah. Hukum dari khobar
jumlah ini harus punya dhomir yang kembali kepada mubtada’. Dan ini terbagi
menjadi 2 macam:
a. Khobar jumlah fi’liyyah :
khobar yang terdiri dari fiil dan fail. Failnya berupa dlomir yang kembali kepada mubtada’nya.
Contoh:
Muhammad sedang sholat محمد يصلى
Dua orang murid sedang belajar التلميدان يتعلمان
Murid- murid sedang belajar التلاميد يتعلمون
Dia sudah belajar هى تعلمت
Kamu semua sedang belajar انتم تتعلمون
Murid- murid(p) sudah faham التلميدات فهمن
Kamu sedang belajar انت تتعلمين
5
Kamu sedang belajar انت تتعلم
b. Khobar jumlah
ismiyyah: khobar yang terdiri dari
mubtada’ dan khobar. Contoh:
فريد ابوه عالم (Farid
ayahnya mengetahui)
التلميدان ابوهما عالم (dua orang siswa ayahnya berdua mengetahui)
التلميدون ابوهم عالم (beberapa siswa ayah mereka mengetahui)
التلميدات ابوهن عالم (beberapa siswi itu ayah mereka mengetahui)
3. Khobar syibhu jumlah:
khobar yang terdiri dari dzorof atau jer majrur yang bergantung kepada sifat
atau fiil yang di buang. Contoh :
Murid itu di depan
Guru
التلميد امام الاستاذ
اى التلميد كائن / يكون امام الاستاذ
Buku itu di atas meja
الكتاب على المكتب
اى الكتاب كائن / يكون على المكتب
Catatan
khobar dan mubtada
Khobar
wajib mendahului mubtada’ apabila :
1. Khobarnya berupa
dhorof sedangkan mubtada’ berupa nakiroh
6
Contoh : عندى كتاب. وراء المدرسة بستان
2. Khobarnya berupa jer majrur sedangkan
mubtada’nya berupa nakiroh.
Contoh : فى الفصل تلاميد. فى المسجد مسلمون
3. Khobarnya berupa isim istifham .
Contoh : اين الطريق؟
4. Mubtada’nya mengandung dlomir yang kembali
kepada khobarnya.
Contoh : فى الفصل صاحبه
Mubtada’
wajib mendahului khobarnya apabila :
1. Mubtada’nya berupa ma taajjubah.
Contoh: ما احسن الصدق
2. Mubtada’nya berupa كم الخبرية
Contoh: كم كتاب فى بيت ابي
3. Mubtada’nya berupa شرط اسم
Contoh:من يكسل يخشر
4. Mubtada’nya berupaاستفهام (pertanyaan)
Contoh:من فى الدار
7
5. Mubtada’ yang di mudhofkan pada اسم شرط
Contoh:ابن من تنصر انصر
6. Mubtada’ yang di mudhofkan pada استفهام
Contoh:ابن من فى البيت
7. Mubtada’ dan khobarnya sama- sama معرفة atau
sama نكرة
Contoh:انت استاذى
8. Khobarnya berupa jumlah
Contoh: الدرهم انفقه
8
BAB III
PENUTUP
A.Simpulan
Mubtada ialah isim
marfu' yang bebas dari amil lafazh, sedangkan khabar ialah isim marfu' yang
di-musnad-kan kepada mubtada. contohnya seperti perkataan: زَيْدٌ قَائِمٌ Artinya : Zaid itu berdiri . زَيْدٌ adalah mubtada’ dan قَائِمٌ khabarnya.
Sedangkan khabar adalah
isim marfu' yang di-musnad-kan/atau disandarkan kepada mubtada, yakni tidak
akan ada khabar kalau tidak ada mubtada dan mubtada itulah yang me-rafa'-kan
khabar.
B.Saran-saran
9
DAFTAR PUSTAKA
- Jarim, Ali,
tt, Nahwu Wadih Jus 1, (Surabaya,
Hidayah).
- Samsyuddin
, Syekh Muhammad Arra’ini , 2006, Tarjamah Mutammimah Ajurumiyyah,
(Bandung:Percetakan Sinar Baru Offset)
10
[1]
Syekh
Samsyuddin Muhammad Arra’ini , Tarjamah Mutammimah Ajurumiyyah, (Bandung:
Percetakan Sinar Baru Offset, 2006), hlm.141.
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !