Mubtada dan Khabar | Zona Berbagi
Headlines News :
Home » » Mubtada dan Khabar

Mubtada dan Khabar

Written By MAS IRTIQAIYAH BANJARMASIN on Thursday, May 1, 2014 | 12:41 AM



BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
                Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an, Hadis Nabi, maka untuk mengkaji keduanya dibutuhkan seperangkat alat atau sarana agar tidak salah dalam membaca dan memahami teks arab yang belum ada harakatnya serta untuk mengetahui perubahan-perubahan kata. Sebab apabila salah dan keliru dalam pembacaan tesk akan mengakibatkan salah dan keliru dalam pemaknaan. Untuk menghindari itu, sarannya adalah Ilmu Nahwu dan Shorof. Keduanya merupakan keutuhan yang tidak boleh diabaikan.
B.Rumusan Masalah
A.  Pengertian mubtada dan khobar
B.  Pembagian mubtada dan khobar








1
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Mubtada dan Khobar
            Mubtada ialah isim marfu' yang bebas dari amil lafazh, sedangkan khabar ialah isim marfu' yang di-musnad-kan kepada mubtada,[1] contohnya seperti perkataan: زَيْدٌ قَائِمٌ     Artinya : Zaid itu berdiri  . زَيْدٌ adalah mubtada’ dan  قَائِمٌ khabarnya.
            Maksudnya: Mubtada itu isim marfu' yang kosong atau bebas dari amil lafazh, yakni: yang me-rafa'-kan mubtada itu bukan amil lafazh, seperti fa'il (subjek) atau naibul fa'il (pengganti subjek), melainkan oleh amil maknawi, yaitu oleh ibtida atau permulaan kalimat saja.
Sedangkan khabar adalah isim marfu' yang di-musnad-kan/atau disandarkan kepada mubtada, yakni tidak akan ada khabar kalau tidak ada mubtada dan mubtada itulah yang me-rafa'-kan khabar.
B.   Pembagian Mubtada dan Khobar
Pembagian Mubtada:
1.      Secara garis besar mubtada terbagi menjadi dua yaitu mubtada اِسِمْ صَرِيح
2
(isim yang jelas ) , dan mubtada مؤول به  (yang di ta’wil ). Contoh mubtada yang jelas : زَيْدٌ قَائِمٌ     , contoh mubtada yang di ta’wil : وَأَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرُ لَكُمْ  asalnya صِيَامُكُمْ خَيْرُ لَكُمْ.
2. Di baca rofa
رفع ظاهر, نحو: زيدٌ قائِمٌ , رفع مقدرا, نحو: غُلاّمِيْ قائمٌ  
Adapun amil yang merofa’kan  mubtada  adalah  amil ma’nawi ibtida  .
3. Sepi dari amil lafdi
       Amil lafdi yang tidak boleh masuk pada mubtada adalah amil lafdi yang asli.   Mubtada syaratnya harus berupa isim marifat, sebab mubtada adalah Mahkum Alaih (Perkara yang dihukumi) sedangkan mukhotob tidak mungkin faham terhadap faidahnya khobar bila Mahkum Alaih (Mubtada) tidak jelas (Nakiroh).
Apabila ada isim nakiroh menjadi mubtada maka harus mempunyai مُسَوِّغ (perkara yang memperbolehkan) dan مُسّوِّغ tersebut adalah:  
a.    Didahului nafi atau istifham contoh:  ماَرُجُلٌ قَائِمٌ,هَلْ رَجُلٌ قَائِم
b.    Di sifati contoh: عبد مؤم خير من مشرك
c.    Khobarnya berupa dorof atau jer majrur yang mendahului mubtada contoh:عندك رجل,في الدار امراة
3
d.   Di idofahkan contoh: خمس صلوات كتبهن الله
Pembagian khobar:
Khobar mubtada’ terbagi menjadi 3 (tiga) macam yaitu:
1.    Khobar mufrod : khobar yang tidak terdiri dari jumlah. Lafad khobar ini ada 3 (tiga):
a.     Khobar mufrod mustaq: khobar yang terdiri dari isim fail, maf’ul, isim tafdil, atau    sifat musabbihah, ia punya dhomir yang kembali kepada mubtada’.
Contoh : العلم نافع
Hukum dari khobar mufrad mustaq ini wajib mutobiq (sama) dengan mubtada’nya baik bentuk maupun jenisnya (mufrad, tasniah, jama’, mudzakkar dan muannasnya). Contoh:
مفرد مذكر: المد رس عالم, تثنية مذكر: المد رسان عالمان ,        جمع مذكر: المد رسون عالمون , مفرد مؤنث : المد رّسة عالمة, تثنية مؤنث : المد رستان عالمتان , جمع مؤنث : المد رسات عالمات       
b.      Khobar mufrod jamid : lafadz khobar yang tidak termasuk salah satu lafadz  khobar mufrod mushtaq. Contoh :
الصُمْتُ زَيْنٌ         (Diam itu perhiasan )     السُكوت سلامة  (tidak bicara itu selamat)
4
c.       Khobar mufrod muawwal bilmustaq : lafad khobar mufrod yang jamid namun yang di maksud adalah lafad mustaq. Contoh:
محمد اسد اى هو شجاع   (Muhammad itu harimau yakni ia pemberani). Karena yang dimaksud adalah lafad mushtaq maka hukum khobar mufrod muawwal bilmushtaq ini pun harus mutobi’ dengan mubtada’nya.
2.Khobar jumlah: khobar yang terdiri dari jumlah. Hukum dari khobar jumlah ini harus punya dhomir yang kembali kepada mubtada’. Dan ini terbagi menjadi 2 macam:
a.      Khobar jumlah fi’liyyah : khobar yang terdiri dari fiil dan fail. Failnya berupa        dlomir yang kembali kepada mubtada’nya. Contoh:
Muhammad sedang sholat   محمد يصلى                
Dua orang murid sedang belajar  التلميدان يتعلمان 
Murid- murid sedang belajar  التلاميد يتعلمون       
Dia sudah belajar  هى تعلمت                                 
Kamu semua sedang belajar  انتم تتعلمون              
Murid- murid(p) sudah faham  التلميدات فهمن       
Kamu sedang belajar   انت تتعلمين
5
Kamu sedang belajar  انت تتعلم                             
b.     Khobar jumlah ismiyyah:  khobar yang terdiri dari mubtada’ dan khobar. Contoh:
فريد ابوه عالم   (Farid ayahnya mengetahui)
التلميدان ابوهما عالم (dua orang siswa ayahnya berdua mengetahui)
التلميدون ابوهم عالم (beberapa siswa ayah mereka mengetahui)
التلميدات ابوهن عالم (beberapa siswi itu ayah mereka mengetahui)
3.      Khobar syibhu jumlah: khobar yang terdiri dari dzorof atau jer majrur yang bergantung kepada sifat atau fiil yang di buang. Contoh :
Murid itu di depan Guru
التلميد امام الاستاذ
اى التلميد كائن / يكون امام الاستاذ
Buku itu di atas meja
الكتاب على المكتب
اى الكتاب كائن / يكون على المكتب
Catatan khobar dan mubtada
Khobar wajib mendahului mubtada’ apabila :
1.      Khobarnya berupa dhorof sedangkan mubtada’ berupa nakiroh
6
Contoh : عندى كتاب. وراء المدرسة بستان
2.   Khobarnya berupa jer majrur sedangkan mubtada’nya berupa nakiroh.
Contoh : فى الفصل تلاميد. فى المسجد مسلمون
3.   Khobarnya berupa isim istifham .
Contoh :   اين الطريق؟
4.   Mubtada’nya mengandung dlomir yang kembali kepada khobarnya.
 Contoh : فى الفصل صاحبه
Mubtada’ wajib mendahului khobarnya apabila :
1.    Mubtada’nya berupa ma taajjubah.
Contoh: ما احسن الصدق
2.    Mubtada’nya berupa كم الخبرية
Contoh: كم كتاب فى بيت ابي
3.    Mubtada’nya berupa شرط   اسم
Contoh:من يكسل يخشر
4.    Mubtada’nya berupaاستفهام    (pertanyaan)
Contoh:من فى الدار
7
5.    Mubtada’ yang di mudhofkan pada اسم شرط  
Contoh:ابن من تنصر انصر
6.    Mubtada’ yang di mudhofkan pada استفهام 
Contoh:ابن من فى البيت
7.    Mubtada’ dan khobarnya sama- sama معرفة  atau sama  نكرة
Contoh:انت استاذى
8.    Khobarnya berupa jumlah
Contoh:  الدرهم انفقه







8
BAB III
PENUTUP
A.Simpulan
            Mubtada ialah isim marfu' yang bebas dari amil lafazh, sedangkan khabar ialah isim marfu' yang di-musnad-kan kepada mubtada. contohnya seperti perkataan: زَيْدٌ قَائِمٌ     Artinya : Zaid itu berdiri  . زَيْدٌ adalah mubtada’ dan  قَائِمٌ khabarnya.
            Sedangkan khabar adalah isim marfu' yang di-musnad-kan/atau disandarkan kepada mubtada, yakni tidak akan ada khabar kalau tidak ada mubtada dan mubtada itulah yang me-rafa'-kan khabar.
B.Saran-saran






9
DAFTAR  PUSTAKA
- Jarim, Ali, tt, Nahwu Wadih  Jus 1, (Surabaya, Hidayah).
- Samsyuddin , Syekh Muhammad Arra’ini , 2006, Tarjamah Mutammimah Ajurumiyyah, (Bandung:Percetakan Sinar Baru Offset)












10


[1] Syekh Samsyuddin Muhammad Arra’ini , Tarjamah Mutammimah Ajurumiyyah, (Bandung: Percetakan Sinar Baru Offset, 2006), hlm.141.
Share this article :
Disclaimer: Artikel, gambar ataupun video yang ada di blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain, dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami dengan memberikan komentar yang bijak di bawah ini.

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Huzna Souvenir
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Zona Berbagi - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template