Hakekat Penguasaan Kosakata di MI | Zona Berbagi
Headlines News :
Home » » Hakekat Penguasaan Kosakata di MI

Hakekat Penguasaan Kosakata di MI

Written By MAS IRTIQAIYAH BANJARMASIN on Wednesday, November 5, 2014 | 8:51 PM



BAB II
LANDASAN TEORI
A.           Hakekat Penguasaan Kosakata di MI
1.Pengertian Penguasaan Kosakata
          Makna penguasaan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan makna kemampuan, yaitu suatu kesanggupan. Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia mengartikan penguasaan adalah paham benar atas suatu bidang ilmu, bisa juga berarti kepahaman dan keterampilan (terhadap suatu bahasa atau ilmu).[1]          Kamus Besar Bahasa Indonesia menyatakan makna penguasaan yaitu: (1) proses, cara, perbuatan menguasai, (2) pemahaman dan kesanggupan untuk menggunakan (pengatahuan, kepandaian).
2. Pengertian Kosa Kata Bahasa Arab      
Kamus Lengkap Bahasa Indonesia kosa kata berarti perbendaharaan kata.7 Dan dalam kamus Al-Munawwir kosa kata disebut (1. الكلمات, (2)[2] مفردت. Kosa kata (mufradat) bisa juga diartikan yaitu kata yang telah digunakan dalam membangun kalimat, sehingga mempunyai arti dan makna tertentu. Contoh: مكتب, kata ini hanya bermakna maktab. Secara ekstrim kata ini tidak berarti apa-apa atau secara tolern bisa dikatakan mempunyai banyak makna, diantaranya meja tulis, kantor, biru, agen dan masih banyak lagi makna lain, tetapi kalau ada kata مكتب dalam kalmiat الكتاب على مكتب kata maktab disini berarti meja tulis.
 Dengan demikian, kosa kata adalah kata terapan atau kata dalam konteks kalimat sehingga mempunyai makna kontekstual (معنى مقلمى), sedangkan kata maknanya yang masih belum tertentu, maka disebut    (معنى معجمى) arti kamus. Abdul Hamid mengatakan bahwa kosa kata Bahasa Arab adalah “kata (كلمة) yang terdiri dari dua suku kata atau lebih dan mempunyai makna”.9
 
  Dari definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian penguasaan kosa kata bahasa Arab adalah kecakapan dan keterampilan dalam hal menguasai perbendaharaan kata (kosakata) bahasa Arab, baik seseorang itu hafal kosa kata bahasa Arab, mampu membuat suatu kalimat maupun mampu membedakan jenis-jenis kosa kata tersebut.
3.Pengertian Pembelajaran Kosakata
Pembelajaran kosakata adalah siswa dikatakan mampu menguasai kosakata jika siswa disamping bisa bentuk-bentuk mufrodat juga mereka menggunakannya dalam jumlah ( kalimat ) dengan benar. Artinya tidak hanya sekedar hafal kosakata tanpa mengetahui bagaimana menggunakannya dalam komunikasi sesungguhnya. Jadi dalam pratiknya setelah siswa memahami kosakata kemudian mereka diajari untuk menggunakannya baik dalam bentuk ucapan maupun tulisan.[3]
4.Tujuan Pembelajaran Kosakata di MI
    1.Siswa mampu membaca  teks  dengan  intonasi  dan makhraj yang  benar
    2.Siswa mampu menentukan  arti  kosa  kata
    3.Siswa mampu menggunakan  kosa  kata  dalam  konteks kalimat.


[1] Badadu dan Zain, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2001), hal. 604.
[2] Ahmad Warson Munawwir, Kamus Al-Munawwir, (Surabaya: Pustaka Progressif, 1997), cet ke-14, hal. 1043.
[3] A Abdul Hamid, Uril Baharuddin, Pembelajaran Bahasa Arab,Pendekatan,Metode,Strategi,Materi&Media,( Malang : UIN Malang Press, 2008),Hlm. 61
Share this article :
Disclaimer: Artikel, gambar ataupun video yang ada di blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain, dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut. Jika kami salah dalam menentukan sumber yang pertama, mohon beritahu kami dengan memberikan komentar yang bijak di bawah ini.

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Huzna Souvenir
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Zona Berbagi - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template