BAB
II
PEMBAHASAN
A. Hakikat Membaca Mufradat di MI
1. Pengertian Membaca Mufradat
Kata
membaca berasal dari akar kata qoro’a-yaqro’u, qiro’atan yang artinya membaca,
bacaan. Secara bahasa kata ini berasal dari ayat pertama dari wahyu Al-Qur’an, yakni
“iqro” (Syaiful gala. 2005. Hal 134). Kamus Besar Bahasa Indonesia membaca
adalah melihat serta memahami isi dr apa yg tertulis (dng melisankan atau hanya
dl hati), mengeja atau melafalkan apa yg tertulis.
Membaca mufradat adalah
keterampilan melafalkan mufaradat,menangkap makna
dalam simbol-simbol bunyi tertulis yang terorganisir menurut sistem tertentu
atau membaca nyaring bermakna dan memahami berbagai nuansa makna yang dijumpai
dalam teks tertulis dengan variasi tujuan komunikasi struktur kalimat dan
ciri-ciri bahasanya.[1]
Farris
(1993: 304) mendefinisikan membaca mufradat sebagai pemrosesan kata-kata,
konsep, informasi, dan gagasan-gagasan yang dikemukakan oleh pengarang yang
berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman awal pembaca. Dengan demikian,
pemahaman diperoleh bila pembaca mempunyai pengetahuan atau pengalaman yang
telah dimiliki sebelumnya dengan apa yang terdapat di dalam bacaan.
Dengan
adanya beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa membaca pada
hakekatnya adalah suatu proses yang dilakukan oleh pembaca mufradat untuk
membangun makna dari suatu pesan yang disampaikan melalui tulisan. Dalam proses
tersebut, pembaca mengintegrasikan antara informasi atau pesan dalam tulisan
dengan pengetahuan atau pengalaman yang telah dimiliki.
2. Pembelajaran Membaca Mufradat
Pembelajaran mufrodat adalah usaha agar
siswa mampu menguasai mufrodat, menerjemahkannya dan mampu menggunakannya dalam
jumlah (kalimat) yang benar. Siswa tidak tuntut hanya hafal mufrodat yang
diberikan akan tetapi siswa mampu mengaplikasikannya dalam berkomunikasi baik
lisan maupun tulisan.
3.Tujuan Membaca Mufradat
Membaca Mufradat merupakan
sarana utama untuk mencapai tujuan pembelajaran bahasa ,lebih-lebih bagi
pembelajar bahasa arab non arab dan tinggal diluar negara-negara arab seperti
para pembelajar di Indonesia.
Tujuan pembelajaran membaca mufradat :
-Mengucapkan
bunyi mufradatdari makhrajnya serta membedakan bunyi huruf yang mirip.
-Menghubungkan tanda dengan makna.
-Memahami mufradat yang
dibaca .
-Memperhatikan harakat panjang pendek.
-Berhenti pada tempat yang sesuai.
-Supaya bisa berkomunikasi dengan lancar
baik dalam bentuk tulisan maupun lisan.
-Memperkenalkan mufradat baru kepada peserta didik.
-Melatih peserta untuk dapat melafalkan
mufradat itu dengan baik dan benar karena melafalkan mufradat dengan baik dan
benar akan mengantarkan kepada pemahiran berbicara dan membaca secara baik dan
benar pula.
-Memahami makna kosakata, baik secara denotative
atau leksikal (berdiri sendiri) maupun ketika digunakan dalam konteks kalimat
tertentu (makna konotatif dan gramatikal).
-Mampu mengapresiasikan dan memfungsikan
mufrodat itu dalam berekspresi lisan maupun tulisan sesuai dengan konteksnya
yang benar.
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !